Waktu Tunggu Pelayanan (Waiting Time) dan Kepuasan Pasien di IGD: Meta Analisis
DOI:
https://doi.org/10.32583/jgd.v6i1.2145Keywords:
IGD, kepuasan, waktu tungguAbstract
Kepuasan pasien adalah evaluasi positif yang diberikan pasien terhadap layanan kesehatan yang diterimanya, termasuk aspek medis, komunikasi, dan pengalaman keseluruhan. Salah satu aspek yang terlibat kepuasan di IGD adalah waktu tunggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi besarnya tingkat kepuasan dilihat dari waktu tunggu yang kama di layanan IGD. Penelitian ini merupakan systematic review dan meta analisis dengan PICO sebagai berikut, population: Pasien. Intervention: Waktu tunggu lama, Comparison: Waktu tunggu cepat. Outcome: Kepuasan pasien. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari tiga database yaitu Google Scholar, Pubmed, dan Science Direct. Kata kunci untuk mencari artikel “waiting time” AND “patient satisfaction” AND “Health Worker” AND Multivariate. Artikel yang digunaan dari tahun 2018 – 2023. Pemilihan artikel dilakukan dengan menggunakan PRISMA flow diagram. Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3. Sebanyak 5 studi Cross sectional yaitu Asia (Indonesia), Eropa (Italia), dan Amerika (Amerika) terpilih untuk dilakukan systematic review dan meta analisis. Berdasarkan hasil forest plot studi cross sectional menunjukkan bahwa waktu tunggu cepat meningkatkan kepuasan pasien sebanyak 2.14 kali dibandingkan dengan yang memiliki waktu tunggu lama (aOR= 2.14; CI 95%= 1.38 hingga 3.32), dan hasil tersebut secara statistik signifikan (p<0.001).
References
Australia Welfare 2019: in brief., (2019).
Bashkin, O., Caspi, S., Haligoa, R., Mizrahi, S., & Stalnikowicz, R. (2015). Organizational factors affecting length of stay in the emergency department: Initial observational study. Israel Journal of Health Policy Research, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s13584-015-0035-6
Chang, A. M., Cohen, D. J., Lin, A., Augustine, J., Handel, D. A., Howell, E., Kim, H., Pines, J. M., Schuur, J. D., McConnell, K. J., & Sun, B. C. (2018). Hospital Strategies for Reducing Emergency Department Crowding: A Mixed-Methods Study. Annals of Emergency Medicine, 71(4), 497-505.e4. https://doi.org/10.1016/j.annemergmed.2017.07.022
IDAI, I. D. A. I. (2017). Mengenal Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) di Rumah Sakit. https://www.idai.or.id/artikel/seput%0Aar-kesehatan-anak/mengenalinstalasi-gawat-darurat-igd-danpediatric-intensive-care-unit-picu-dirumah-sakit
Kartika Ningsih, D. (2015). Overcrowding Patient And Improving Emergency Patient Flow In Emergency Department: A Literature Review. Jurnal Ilmu Keperawatan, 3(2), 150–154. http://jik.ub.ac.id/index.%0Aphp/jik/article/download/43/62
Kesehatan Masyarakat UNS. (2023). Penilaian Kualitas Studi Primer untuk. 36, 3–4.
Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27576
Lindner, G., & Woitok, B. K. (2021). Emergency department overcrowding: Analysis and strategies to manage an international phenomenon. Wiener Klinische Wochenschrift, 133(5–6), 229–233. https://doi.org/10.1007/s00508-019-01596-7
Mandiri, T., Siwi, A. S., & Sumarni, T. (2023). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang IGD RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga. 458–462.
Siti, M., Ratna, P. P., & Alik, S. M. (2019). Hubungan Waktu Tunggu dan Length of Stay (Los) Dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Jombang. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(1), 2019. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
Susatyo, H. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Gosyen publishing.
Utami, Y. T. (2012). Hubungan waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien Di RSU Assalam Gemolong. Jurnal APIKES Citra Med